Sunday, February 10, 2013

The Graduation Day

Ketika saya hanya menganggap wisuda sebagai sebuah formalitas yang harus saya jalani sebagai bagian dari hidup, datanglah orang-orang yang mengingatkan kalau momen ini pantas saya rayakan - atau setidaknya, saya nikmati dan kenang.









Makasih, ya. Saya selalu seneng kalau kembali diingatkan: banyak orang yang sayang sama saya.


Ngomong-ngomong, saya jadi inget, salah satu dosen saya pernah bilang, 'kalian udah nyelametin diri kalian sendiri, belum?'

Sejujurnya, sepertinya belum. Saya selalu bersyukur saya bisa lulus semester ini dengan nilai yang sesuai dengan yang saya targetkan. Tapi, sejujurnya saya nggak segitu bangganya, karena seperti biasa, saya selalu melihat ke atas. Masih ada banyak banget kok orang yang prestasinya lebih hebat daripada saya, jadi saya belum berhak buat bangga sama diri sendiri. 

...And now that I have realized that I'd been being too hard on myself, saya mau meralat: Saya bangga kok sama diri saya sendiri. Saya tahu, kalau aja saya lebih giat usahanya, saya bisa dapet hasil yang lebih baik lagi. And I know that I should have aimed higher. Tapi setidaknya, ini murni hasil jerih payah saya sendiri selama tujuh semester kuliah. Setidaknya, semua target yang saya buat tahun lalu tercapai. Setidaknya, saya udah berhasil bikin keluarga saya bangga. And that's what matters the most, right?

Saya bangga karena tahun lalu saya iri sama senior-senior saya yang aktif di kampus dan bisa lulus 3,5 tahun, dan saya berhasil membuktikan ke diri saya sendiri kalau saya juga bisa. Saya bangga karena telah berhasil melawan rasa malas dan bangkit dari burn out. Saya bangga sama diri saya sendiri karena berhasil melewati kerikil-kerikil yang ada, melawan diri saya sendiri, dan berhasil mencapai sesuatu yang nggak akan bisa dicapai sama saya-versi-empat-tahun-lalu. So, yes, I am proud enough.

Saya akan lebih bangga lagi kalau saya bisa segera melakukan sesuatu dan segera menemukan zona nyaman yang baru.

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Welcome to the jungle out there, dear S.Psi pals! :) 



No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...