Friday, November 12, 2010

Haters Gonna Hate

Belakangan ini, entah di media atau kehidupan sehari-hari, banyak yang sedang mempermasalahkan perbedaan. Perbedaan nilai, tepatnya. Awalnya sih saya santai-santai aja, malah kadang-kadang suka ikutan ngomongin orang yang terlihat berbeda. Konformitas, mungkin. Yang jelas saya nggak ngerasa apa yang kami lakuin itu salah. Sampe kemudian, saya mulai gerah dengan komentar orang-orang yang berlebihan. Dilebih-lebihkan, tepatnya. Hey, kok bisa sih kalian sebenci itu sama orang yang nggak kalian kenal secara personal? Itu yang jadi pikiran saya. Kalau yang diomongin itu orang yang dikenal dan memang ngelakuin kesalahan fatal, itu menurut saya masih bisa ditolerir (meskipun ngomongin orang emang nggak baik sih, tapi kalau penyebabnya jelas ya manusiawi kan?). Tapi kalau yang diomongin itu cuma bisa diliat di televisi atau bisa diliat langsung tapi nggak pernah ngobrol dan tuker pikiran sama kita, kok rasanya konyol kalau kita benci sama mereka. Kenal juga enggak.

Lagi pula, tau darimana kalau mereka lebih buruk daripada kita? Berbeda bukan berarti salah, kan? Gimana kalau kita (dan kebanyakan orang lain) ternyata yang salah?

Ibu saya pernah bilang gini, "jangan ngejelek-jelekin orang yang belum tentu nggak lebih bagus dari kamu, dong."

Bisa jadi mereka - orang-orang yang kita ketawain - ngelakuin hal itu justru karena punya integritas loh. Bisa jadi mereka justru tipikal orang yang tetap kekeuh menjalani prinsipnya meskipun diomongin kanan-kiri. Bisa mereka tahu kalau ada banyak orang yang akan selalu nggak suka dengan mereka, apapun itu yang mereka kerjain. Haters gonna hate, lovers gonna love.


Gimana kalo kita sama-sama menghargai nilai (yang dianut) masing-masing? Gimana kalo kita saling menghargai sudut pandang masing-masing?

Well, saya juga lagi belajar kok :)
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...