Friday, December 24, 2010

Hello/Goodbye

Banyak hal yang terjadi di tahun 2010. Berbagai kepanitiaan, kerjaan kecil-kecilan, dan dua semester perkuliahan. Banyak ilmu baru. Banyak pelajaran baru.

Awal tahun ini, saya bikin beberapa target yang (se)harus(nya) saya capai di tahun 2010. Nggak banyak kok. Nih beberapa yang saya inget:

1. Ngurangin prokrastinasi
Meskipun belum bener-bener ilang, setidaknya saya nggak kualahan karena banyak tugas yang numpuk - meskipun semua mata kuliah punya semacam tugas akhir yang harus dikerjain, soalnya banyak yang saya cicil dari jauh-jauh hari. Cuma saya tetep jadi prokrastinator hebat kalo menyangkut urusan belajar sebelum ujian. Tapi karena dengan belajar pake sistem SKS saya malah jadi lebih inget apa yang udah saya cram, alhamdulillah nggak ada masalah yang berarti sih.

2. Manfaatin buku agenda
Well done! (Meskipun makin kebelakang makin sepi isinya karena suka lupa ngisi)

3. Naikin IP
IP semester dua saya alhamdulillah naik, meskipun nggak pesat dan belum mencapai target - mungkin karena target saya terlalu tinggi dan ga sebanding sama kompetensi saya. Saya belum tau IP semester ini dan nilai yang udah keluar juga belum banyak, jadi saya belum bisa bilang apa-apa. Tapi insya Allah naik lagi. Amin! Amin!

4. Cari uang & nabung
Pas nulis poin yang ini awal tahun lalu saya agak skeptis. Apa iya saya bisa cari duit sendiri? Mau jadi apa emang? Punya skill apa emang? Tapi thanks to GagasMedia yang (entah kenapa) ngelolosin saya jadi first reader untuk dua periode, saya jadi punya sedikit pemasukan. Tapi nabungnya enggak, gara-gara banyak pengeluaran juga. Saya beli dua benda elektronik pake uang sendiri loh. Belinya yang murah banget sih namanya juga ga punya uang, tapi lumayan seneng kok, hihi.

5. Selektif milih kepanitiaan
Nah yang ini....... Gagal. Total. Saya mah orangnya murah dan nggak bisa bilang enggak. Tapi insya Allah tahun depan berubah. Harus berubah.

6. Nggak sering bolos
Yang ini awalnya berjalan dengan sangat baik, tapi di dua minggu terakhir sebelum UAS saya nyerah. Saya sempet jenuh dan ngalamin demotivasi, jadinya sering males berangkat kuliah dan bodohnya saya ikutin malesnya. Terus di minggu piastro juga saya cuma masuk kuliah psidik dan psibang; itu pun karena ada kuis. Jadi banyak yang ngepas deh absennya. Jadi ada yang nitip deh sekali (gimana dong abisnya uhuh).


Nah gitu deh evaluasinya. Nggak semua rencana saya berjalan dengan sempurna, tapi setidaknya saya udah berusaha buat berubah jadi orang yang lebih baik.

Resolusi saya untuk tahun depan nggak jauh beda. Yang paling penting, saya mau belajar bagi waktu: mana yang buat kuliah, mana yang buat BEM dan kepanitiaan, mana yang buat keluarga, mana yang buat temen, dan mana yang buat saya sendiri (ngurung diri di kamar dan nonton DVD sendirian, misalnya). Saya juga mau lebih yakin mengenai pekerjaan saya nanti. Saya harus yakin mau milih peminatan apa (sekarang condongnya ke psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan, tapi anak labil kayak saya mah siapa yang tahu). Saya juga harus nanya-nanya apa aja yang sebenernya bisa dilakuin sama psikolog klinis anak di Indonesia. Saya juga harus yakin apa bener setelah jadi sarjana psikologi mau langsung lanjut profesi; apa mau coba kerja dulu. Terus, saya mau lebih profesional tahun depan. Nggak lagi-lagi deh bikin orang lain kecewa sama saya, apalagi yang ini dikasih amanah; bukan minta minta dikasih amanah. Harus kerja yang bener! Oh, dan karenanya saya harus bener-bener ngurangin kepanitiaan juga tahun depan. Yah, berhubung udah ngerasain berbagai jenis kepanitiaan di psikologi (baca: dari yang serius dan berbau-bau keilmuan atau isu strategis atau politik kampus sampe yang berhubungan sama seni dan olahraga), udah ngerti berbagai tipe panitia di kepanitiaan-kepanitiaan itu, boleh lah ya kalo tahun depan saya cuma ikut kepanitiaan-kepanitiaan yang ngena di saya.

Udah sih, itu aja yang saya harapkan bisa saya lakuin di tahun 2011. Intinya, saya cuma mau jadi orang yang lebih baik lagi. Saya cuma mau jadi lebih bahagia lagi.




Terima kasih untuk kebahagiaan yang Kau berikan tahun ini ya. Maaf yah saya mintanya banyak banget, apalagi kalau lagi bulan puasa. Jangan bosen-bosen ngasih saya yang terbaik. Jangan bosen-bosen negur dan ngasih tau saya kalau saya salah. Makasih ya nggak pernah lupa sama saya meskipun sayanya suka lupa. Makasih untuk selalu mendengarkan dan untuk selalu mengerti apa yang paling saya butuhkan, meskipun nggak selalu sesuai dengan apa yang saya minta.




Tahun depan, tahun depannya lagi, dan tahun-tahun seterusnya, tetap seperti itu ya!
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...